Colorful Fabric Belts

Membuat ikat pinggang sendiri adalah cara yang relatif mudah untuk membuat tampilan kamu berbeda dengan orang lain. Kamu bisa menggunakan bahan apa pun seperti kulit hewan, katun, polyester, kain dengan serat bambu, rayon, atau wol. Kamu bisa membuat ukuran dan model yang berbeda dari biasanya. Kamu hanya membutuhkan keterampilan menjahit dasar untuk membuat fabric belt ini.

Ikat pinggang modis dapat dibuat dari bahan yang kamu miliki di rumah. Kalau kamu tahu bagaimana membuat ikat pinggang, maka potensi kamu untuk pilihan gaya tidak pernah berakhir.

Gunakan bahan yang nyaman dan paling kamu suka, atau kamu bisa mencocokannya dengan pakaian yang akan kamu pakai nanti. Saran Waxine kamu bisa gunakan bahan kulit atau bahan dari katun dan polyester.
Alat dan Bahan:
  • Gesper
  • Kain
  • mesin jahit
  • jarum jahit
  • jarum pentul
  • gunting
Cara Membuat:
Langkah Pertama: Ukur lingkar pinggang. Ini akan memudahkan kamu untuk menentukan panjang ikat pinggang yang akan dibuat. Ambil meteran atau pita pengukur, tempatkan di mana kamu biasa menggunakan celana atau kamu bisa mengukurnya sejajar dengan pusar agar lebih mudah. Tambahkan panjang 15-20 cm. Tambahan ini akan memudahkanmu nanti untuk memasukkan ujung ikat pinggang dengan gesper dan bila kamu ingin memberikan kesan ujung ikat pinggang dengan aksen yang sedikit menggantung.

Langkah Kedua: Potong kain yang sudah kamu siapkan untuk bahan ikat pinggang ini. Siapkan dua potong kain untuk bagian depan dan belakang, lalu buat satu potong sebagai lapisan dalam. Untuk lapisan di dalam ini, kamu harus membuat ukurannya lebih kecil sekitar 2,5cm. 

Langkah Ketiga: Sudah selesai menyiapkan bahannya? Nah, sekarang kamu bisa menahannya dengan jarum pentul atau pin sebelum menjahitnya. Selanjutnya, kamu bisa mulai menjahit bahan dengan memberi jarak 0,5cm dari bagian pinggir kain. Kalau kamu sulit untuk mengira jaraknya, kamu bisa menggarisnya lebih dulu. Jahit semua bagian pinggirnya dari ujung hingga akhir.  

Langkah Keempat: Kamu panaskan setrika, lalu gosok ikat pinggang agar bahan ikat pinggang menyatu dengan pelapisnya. 

Langkah Kelima: Siapkan kepala gesper, lalu masukkan ke dalam salah satu ujung ikat pinggangnya. Tekuk ujungnya, dan jahit menggunakan tangan agar menyatu ujung kain dengan bahan ikat pinggang. Kamu bisa menjahitnya dengan tangan karena akan sulit menjahitnya bila menggunakan mesin jahit. 

Ikat pinggang cantik buatanmu siap untuk dipakai. Kalau kamu ingin membuat lubang untuk mengaitkan gesper, buat 3-4 lubang dengan jarak masing-masing 2,5cm. 

PS: Kamu bisa lho menambahkan jahitan dekoratif bila ingin memberikan ikat pinggang kamu beberapa motif. Kamu bisa membuat desain sederhana seperti zigzag atau desain rumit seperti bunga.

Yuk, Besties buat ikat pinggang bareng Waxine, kalau kamu sudah membuatnya di rumah kamu boleh mention Waxine di akun twitter dengan hashtag #WaxhausDIY. 


                    
Leave a comment